Sabtu, 01 November 2014

Asal Usul Kalimalang

Bila kita berkunjung ke kota Bekasi maka kita akan melihat sebuah sungai yang membentang di tengah kota Bekasi, sungai yang panjangnya dari  waduk jatiluhur Purwakarta hingga ke daerah Jakarta Timur, Kalimalang namanya. mari kita sedikit membahas asal usul Kalimalang.

Kali Malang sendiri sebenarnya adalah bukan kali atau sungai alam, melainkan kali buatan manusia. maksud di buatnya sungai ini adalah untuk mensuplai air bersih dari waduk jatiluhur. karena waktu itu kualitas air di daerah Bekasi hingga Jakarta sangat tidak layak konsumsi.

Kenapa di sebut kalimalang?  rata-rata Kali alam di Jawa Barat itu selalunya mengalir dari Selatan ke Utara atau Utara ke Selatan, karena pantai di Jawa Barat adalah berada di utara dan selatan. tetapi sungai kalimalang dari timur ke barat dan melintang diantara kali alam yang ada.

Jadi kalimalang di buat posisinya di atas sungai alam yang mengalir dari selatan ke utara, untuk jelasnya bisa di lihat di daerah Cipinang melayu posisi kalimalang berada di atas kali sunter dengan posisi menyilang sunter kearah utara kalimalang ke arah barat.

Sampai saat ini kalimalang menjadi sungai yang mensuplai air bersih dari waduk Jatiluhur, sungainya tidak pernah kekeringan walau musim kemarau datang, yang uniknya lagi setiap perayaan hari kemerdekaan negara kita sungai ini menjadi tempat pesta rakyat untuk mengadakan lomba-lomba tradisional.
Sejak kapan dan oleh siapa di buatnya kalimalang ini kita masih belum mendapaatkan sumber dan informasi yang jelas, ada yang bilang Kalimalang ini peninggalan kolonial Belanda ada juga yang bilang di buat bersamaan dengan waduk jatiluhur. yang jelas Sungai ini termasuk yang paling unik.. karena ternyata ada sungai di atas sungai.

SUMBER :  http://www.ayobekasi.com/asal-usul-kalimalang/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar