MAKALAH
BAJU BATIK UNTUK INSTANSI PEMERINTAH & PENDIDIKAN
Disusun
Oleh :
Meilisa
Malihah Utami (56214542)
Kelas :
2DF02
Dosen :
Tantyo Setyowati
Mata
kuliah : Komunikasi Bisnis (Softskill)
FAKULTAS EKONOMI
PROGRAM STUDI D3 - MANAJEMEN KEUANGAN
UNIVERSITAS GUNADARMA
ATA
2016/2017
KATA
PENGANTAR
Segala
puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT serta shalawat dan salam kami
sampaikan hanya bagi tokoh dan teladan kita Nabi Muhammad SAW. Diantara sekian
banyak nikmat Allah SWT yang membawa kita dari kegelapan ke dimensi terang yang
memberi hikmah dan yang paling bermanfaat bagi seluruh umat manusia, sehingga
oleh karenanya kami dapat menyelesaikan tugas komunikasi bisnis ini dengan baik
dan tepat waktu.
Adapun
maksud dan tujuan dari penyusunan makalah ini adalah untuk memenuhi salah satu
tugas yang diberikan oleh dosen pada mata kuliah komunikasi bisnis.
Dalam
proses penyusunan tugas ini penyusun menjumpai hambatan, namun berkat dukungan
materil dari berbagai pihak, akhirnya penyusun dapat menyelesaikan tugas ini
dengan cukup baik, oleh karena itu melalui kesempatan ini penyusun menyampaikan
terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak terkait yang
telah membantu terselesaikannya tugas ini.
Segala
sesuatu yang salah datangnya hanya dari manusia dan seluruh hal yang benar
datangnya hanya dari agama berkat adanya nikmat iman dari Allah SWT, meski
begitu tentu tugas ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu segala
saran dan kritik yang membangun dari semua pihak sangat penyusun harapkan demi
perbaikan pada tugas selanjutnya. Harapan penyusun semoga tugas ini bermanfaat
khususnya bagi penyusun dan bagi pembaca lain pada umumnya.
Bekasi,
Mei 2016
Penyusun
ii
DAFTAR
ISI
KATA
PENGANTAR………………………………………………………………… ii
DAFTAR
ISI………………………………………………………………………….. iii
BAB
I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Masalah……………….…………………………………………... 1
1.2 Deskripsi Usaha....…………………………………………………………………. 1
1.3 Visi dan
Misi….…………………………………………………………………… 1
1.4 Data Perusahaan.…………………………………………………………………... 2
1.5 Alasan Memilih Bisnis Baju
Batik………………………………………………… 2
1.6 Data
Karyawan………………………………………………….…………………. 3
1.7 Personalia dan Perlengkapan
Kantor………….…………………………………… 4
1.8 Struktur
Organisasi…………………………….…………………………………... 4
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Produk dan Pemasaran……………..…….……..…………………………………. 5
2.2 Bauran
Pemasaran…………………………………………………………………. 5
2.3 Perspektif Masa Depan Usaha……...…..………………………………………….. 6
2.4 Analisis
Persaingan………………………………………………………………… 6
2.5 Kesan atau Counter Style…………………………………………………………... 6
2.6 Analisis SWOT dan TWOS………………………………………………………... 7
2.7 Target Segmentasi
Pasar…………………………………………………………… 8
2.8 Sumber-sumber Produk atau
Bahan……………………………………………….. 8
2.9 Kapasitas
Produksi………………………………………………………………… 8
2.10
Waktu
Presentasi Promosi Produk…………………………………………….. 8
BAB III PENUTUP
3.1
Kesimpulan………………………………………………………………..………… 11
3.2
Saran……………………………………………………………………………...…. 11
DAFTAR
PUSTAKA…………………………………………………………………… 13
iii
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Dengan semakin berkembangnya dan
semakin tingginya kebutuhan
masyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan fashion, maka penyusun berinisiatif
untuk membuka suatu usaha baju
batik yang up to date dan mengerti akan
kebutuhan masyarakat
terutama untuk instansi pemerintah dan instansi pendidikan.
Perusahaan bisnis baju batik berdiri
atas kerjasama serta keinginan anak muda yang memiliki hobi dan kegemaran yang
sama dalam bidang fashion, karena
sering bertemu dalam berbagai kegiatan di bidang fashion dan desain, generasi muda ini mencetuskan mendirikan sebuah
usaha baju batik yang dinamakan archipelago batik yang berdiri di Bekasi Utara.
Archipelago batik didirikan untuk
mempelopori kecintaan dikalangan masyarakat, instansi pemerintah, swasta,
maupun pendidikan dalam bidang fashion
yang up to date tanpa
melupakan corak dan
ciri khas Indonesia.
1.2 Deskripsi
Usaha
Batik merupakan ciri khas Indonesia
yang telah dikenal luas baik di dalam ataupun luar negeri. Penggalakan
pemakaian batik sebagai pakaian dinas dan pakaian siswa sekolah sejak dulu juga
marak dilakukan. Bukti kongkrit kepedulian pemerintah terhadap batik adalah
adanya rencana kebijakan mengenai pemakaian baju batik wajib setiap tanggal 1
dan 2 pada setiap bulannya. Pakaian resmi untuk hajatan juga tidak ketinggalan
dengan pakaian batik karena batik masih dianggap relevan dikenakan pada
acara-acara formal. Hal tersebut menunjukkan begitu melekatnya batik dalam
kehidupan sehari-hari.
Banyaknya produksi pakaian batik,
tentu saja kan menghasilkan banyak limbah produksi yang berupa kain perca
batik. Kain perca tersebut ternyata masih menyimpan potensi ekonomi yang cukup
tinggi. Oleh karena itu diperlukan inovasi produk yang mempunyai nilai tambah
yang lebih tinggi. Inovasi produk yang kami desain adalah tas yang berasal dari
kain batik. Karena tas ini sangat simpel dibawa ke mana-mana dan banyak sekali
manfaatnya bagi manusia. Sehingga tas batik cantik ini juga saya anggap sebagai
peluang bisnis penyusun.
1.3 Visi
dan Misi
Visi
:
“Menjadi
perusahaan pakaian yang unggul, berkualitas, sebagai mitra bagi masyarakat dengan
memberikan pelayanan atas kebutuhan dalam hal fashion yang up to date
untuk memberikan warna dan gaya dalam kehidupan, dan berdayasaing global”.
Misi
:
1.
Menyediakan baju batik yang berkualitas
dengan harga yang terjangkau
2.
Memberikan dan menerapkan pelayanan
yang baik,
disiplin, dan berkualitas demi kepuasaan pelanggan
3.
Menyediakan baju batik yang up to date tanpa melupakan corak dan
ciri khas Indonesia
4.
Mengutamakan masukan dari customer atau pelanggan
1.4 Data
Perusahaan
Nama Perusahaan
|
Archipelago Batik
|
Bidang Usaha
|
Pakaian
|
Jenis Produk
|
Baju Batik dan Tas Batik
|
Alamat
|
Jln. Flamboyan No. 10 Ujung
Harapan ̶ Bekasi
|
Telephone
|
089618028136
|
Tahun Berdiri
|
2010
|
1.5 Alasan
Memilih Bisnis Baju Batik
A. Aspek
Internal
Penyusun memilih bisnis baju batik
karena dalam menjalankan bisnis baju batik, penyusun mempunyai beberapa
kelebihan yang dapat mendukung bisnis yang akan penyusun rintis. Selain itu
penyusun yakin dengan diri penyusun sendiri bahwa penyusun mempunyai sumber
daya manusia yang cukup potensial untuk menjalankan bisnis baju batik ini.
B. Aspek
Eksternal
Produk baju batik saat ini mempunyai
pasar yang luas. Segmen pasar yang di bidik terutama instansi pemerintah, instansi
swasta, dan instansi pendidikan. Namun tak menutup kemungkinan juga masyarakat
luas, baik laki-laki atau perempuan, mulai dari anak-anak, dewasa, dan orang
tua. Karena baju batik cocok dikenakan oleh siapa saja dan pada momen formal
maupun non formal. Sedangkan itu selain memproduksi baju batik, Archipelago batik juga memproduksi tas
batik cantik yang segmentasinya pada remaja, mahasiswa, dan ibu-ibu.
1.6 Data Karyawan
Nama
|
Meilisa Malihah Utami
|
Jabatan
|
Chief
executive offficer
|
Tempat, tgl, lahir
|
Bekasi, 04 Mei 1996
|
Pendidikan terakhir
|
SMK
|
Pengalaman kerja
|
|
No. Telp
|
089618028136
|
Email
|
|
Nama
|
Ileny Rizky Dwiantari
|
Jabatan
|
General
manager dan penanggung jawab
|
Tempat, tgl, lahir
|
Bekasi, 07 Juni 1995
|
Pendidikan terakhir
|
MA
|
Pengalaman kerja
|
|
No. Telp
|
089680826642
|
Email
|
|
Nama
|
Khairunnissa Fajrin
|
Jabatan
|
Manager
Marketing dan sekretaris
|
Tempat, tgl, lahir
|
Bekasi, 23 Juli 1996
|
Pendidikan terakhir
|
SMK
|
Pengalaman kerja
|
|
No. Telp
|
089636436473
|
Email
|
|
Nama
|
Novi Nur Fauziah
|
Jabatan
|
Manager
Financial dan manager produksi
|
Tempat, tgl, lahir
|
Bekasi, 10 November 1996
|
Pendidikan terakhir
|
SMK
|
Pengalaman kerja
|
|
No. Telp
|
085714914085
|
Email
|
|
1.7 Personalia dan Perlengkapan Kantor
Pemilik : Meilisa
Malihah Utami
Penanggung Jawab : Ileny
Rizky Dwiantari
Sekretaris :
Khairunnissa Fajrin
Bendahara : Novi Nur Fauziah
1.8 Struktur Organisasi
|
|
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Produk dan
Pemasaran
Untuk
saat ini perusahaan Archipelago batik masih
menghasilkan baju dan tas batik. Namun untuk kedepannya penyusun berniat untuk
menambah lebih banyak membuat produk dengan aneka ragam barang dengan
bertemakan batik.
Desain baju batik penyusun dapat
dikombinasikan dengan bahan lain atau dapat disesuaikan dengan pesanan
pelanggan dan didesain yang menarik sehingga dapat menjangkau kalangan
anak-anak, remaja dan orang tua (selain kalangan instansi pemerintah dan
instansi pendidikan). Tas batik cantik dibuat dari kain perca sehingga dapat
mengoptimalkan bahan sisa-sisa pembuatan baju batik. Bentuk dan perpaduan
warnanya unik dan menarik serta masih sangat jarang di pasaran serta inovasi kedalam
bentuk baju modern mengikuti tren model
modern.
Adapun kualitas produk atau mutu
produk yang perusahaan Archipelago
batik hasilkan memiliki beberapa keunggulan yaitu :
a.
Berkualitas tinggi dan dapat memuaskan konsumen
b.
Bermacam-macam
bentuk dan ukurannya dengan
style yang up to date
c.
Hasil
membatik sangat rapi dan tidak mudah luntur walau beberapa kali cuci
Selain itu, produk perusahaan Archipelago batik yang dipasarkan mempunyai beberapa keistimewaan,
diantaranya :
a.
Harga
terjangkau oleh kemampuan konsumen
b.
Kualitas produk
terjamin
c.
Sesuai dengan
selera masyarakat
indonesia
Untuk saat ini pemasaran perusahaan Archipelago batik lebih mengarah ke
promosi langsung ke instansi pemerintah dan instansi pendidikan. Selain itu
pemasaran perusahaan Archipelago batik
tidak lupa melalui WEB, media sosial, media cetak, spanduk di tiap-tiap daerah,
bazar busana, fashion show, dan online shop.
2.2 Bauran Pemasaran
1.
Produk : Baju dan Tas Batik
2. Price : Rp. 125.000 (baju batik untuk
instansi pendidikan), Rp. 250.000 (baju batik untuk instansi pemerintah), dan
Rp. 100.000 (tas batik)
3.
Place : berfokuskan ke instansi
pemerintah dan instansi pendidikan
4.
Promotion : Melalui WEB, media sosial, media cetak,
spanduk di tiap-tiap daerah, bazar
busana, fashion show, dan online shop
2.3 Perspektif Masa
Depan Usaha
Dengan terciptanya tempat usaha yang bergerak di bidang
perdagangan, khususnya dalam hal fashion dengan lokasi yang strategis, maka penyusun yakin usaha baju
batik akan maju. Karena kebutuhan dan permintaan akan fashion di kalangan masyarakat terutama di
lingkungan instansi pemerintah dan instansi pendidikan pada saat ini sangat
besar. Selanjutnya perusahaan Archipelago
batik akan meningkatkan kapasitas produksi dan memperluas strategi pemasaran. Kapasitas
produksi ditingkatkan dengan menambah mesin dan peralatan Industri. Penggunaan
ini dapat meningkatkan produktivitas sehingga dari input minimal didapatkan output
optimal bahkan maksimal. Hal ini untuk memenuhi permintaan pasar. Pada awal
produksi perusahaan Archipelago batik
akan menekuni peluang permintaan pasar dari mitra. Untuk selanjutnya selain
untuk memenuhi mitra juga akan memperluas pasar.
2.4 Analisis Persaingan
Berdasarkan pemantauan dan hasil survey yang ada bahwa di sekitar lokasi tempat yang penyusun
dirikan usaha baju
batik masih belum ada perusahaan pembuat baju batik. Di sekitar lokasi
perusahaan Archipelago batik banyak
terdapat sebuah tempat belanja pakaian dan banyak sekolah-sekolahan dan tidak
jauh dari bank-bank pemerintah, kantor pemerintah wali kota bekasi, kantor DPRD
kota bekasi, dan instansi pemerintah lainnya, jadi bisa memperkenalkan dan
memasarkan produk baju dan tas batik yang berkualitas disana.
2.5 Kesan atau
Counter Style
Kesan yang perusahaan Archipelago batik akan bangun dalam
melayani pelanggan adalah ”Comfortable and High
Quality Service with smile”
sehingga pelanggan merasa nyaman berada dipelayanan perusahaan penyusun dan
membuat mereka selalu ingin kembali karena pelayanan yang memuaskan.
2.6 Analisis SWOT dan
TOWS
SWOT / TOWS
MATRIX
|
STRENGTHS
|
WEAKNESSES
|
Internal
Eksternal
|
Strengths
:
-
Bertanggung
jawab, disiplin kerja, kreatif dan inovatif
-
Dapat
memenuhi kebutuhan pelanggan
-
Memberikan
pelayanan terbaik terhadap pelanggan
-
Menjual
produk yang berkualitas
|
Weaknesses
:
-
Persaingan
pasar dengan perusahaan yang berskala nasional
-
Berubahnya
kondisi perekonomian
|
OPPERTUNITIES
|
O-S
|
O-W
|
Opportunities
:
-
tetap
manjaga mutu dan kualitas produk, kami yakin kami dapat bersaing walaupun
harus bersaing dengan perusahaan berskala nasional yang akan muncul di
kemudian hari
-
Saat ini
dengan belum adanya perusahaan dengan bidang usaha sejenis di Komp. Garut
Indah, membuat kami yakin bahwa kedepannya perusahaan kami akan maju
|
Strategi
OS :
-
Meningkatkan pelayanan pada konsumen
-
Memberikan discount untuk pembelian dengan jumlah
banyak
|
Strategi
WO :
-
Lebih meningkatkan promosi, karena masyarakat Indonesia
belum begitu tertarik dengan batik
|
THREATS
|
T-S
|
T-W
|
Threats :
-
Munculnya
perusahaan-perusahaan baru yang sejenis yang berusaha menyaingi perusahaan
kami, dengan style-style terbaru
|
Stragegi
ST :
-
Memproduksi baju dan tas batik dalam jumlah
terbatas
|
Strategi
TW :
-
Membuat kemasan tampilan produk semanarik mungkin
|
2.7 Target Segmentasi
Pasar
Archipelago batik memfokuskan ke instansi
pemerintah dan instansi pendidikan. Selain itu juga membidik pasar kelas menengah
dan menengah kebawah, dengan pemberian harga yang terjangkau. Pada prinsipnya Archipelago batik membuka usaha baju
dan tas batik dengan kualitas dan pelayanan yang baik, sehingga membuat
masyarakat merasa puas dengan layanan Archipelago
batik dan senantiasa kembali ke tempat perusahaan Archipelago batik. Karena segmen pasar usaha baju batik cenderung kemasyarakatan
sehingga dapat memicu persaingan dengan usaha baju batik lainnya.
Pada
awalnya pemenuhan permintaan baju dapat dipenuhi dari perusahaan Archipelago batik, akan tetapi dengan semakin tinggi
populasi rakyat, maka kemampuan perusahaan Archipelago
batik untuk memenuhi kebutuhan
masyarakat semakin
rendah. Hal ini mendorong perusahaan Archipelago
batik untuk melakukan pelayanan yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.
2.8 Sumber-sumber
Produk atau Bahan
Untuk sumber-sumber bahan baku, perusahaan
Archipelago batik membeli bahan kain
ke pasar atau perusahaan yang sudah terjamin dan terbukti kualitas bahan kain dengan
model dan corak yang menarik konsumen tentunya, tanpa ciri khas batik Indonesia.
Sehingga dengan begitu tidak merugikan berbagai pihak, baik dari pihak
perusahaan maupun konsumen yang membelinya.
2.9 Kapasitas Produksi
Perusahaan
Archipelago batik memproduksi baju dan tas batik sudah
selama 6 tahun. Pada tahun pertama memproduksi sebanyak 2500 buah. Pada tahun-tahun
selanjutnya baju dan tas batik menghasilkan kenaikan laba sehingga perusahaan Archipelago batik menambah produksi
baju dan tas batik sebanyak 500 buah pertahun.
2.10 Waktu Presentasi
Promosi Produk
Presentasi adalah sebuah proses alih
informasi yaitu salesman menjelaskan tentang kelebihan dan keunggulan serta
manfaat sebuah produk terhadap konsumen. Pada umumnya presentasi yang baik
dapat meyakinkan konsumen. Salesman dapat melakukan presentasi secara jelas
apabila waktu yang diberikan cukup lama sehingga tidak ada salahnya salesman
menyampaikan presentasi lebih terperinci walaupun ada konsumen yang sudah
mengenal produknya. Salesman harus memahami bahwa presentasi dilakukan selain
untuk mengenalkan dan menjelaskan sebuah produk juga untuk mengingatkan kembali
kepada konsumen tentang produk tersebut. Presentasi merupakan alat yang biasa
digunakan oleh salesman dalam berhubungan dengan konsumen, selain itu presentasi
juga sering digunakan untuk menawarkan produk. Bagi salesman presentasi mempunyai
beberapa fungsi, yaitu presentasi dapat digunakan sebagai informasi, misalnya
menyampaikan keunggulan produk, kegunaan dan manfaat produk, garansi yang
diberikan, dan masih banyak lagi informasi yang dapat diberikan pada saat
presentasi. Dan presentasi dapat digunakan sebagai media mendidik, misalnya
digunakan untuk menerangkan dan memperagakan cara penggunaan produk, memberikan
pelatihan dan training.
Banyak salesman yang bertanya
bagaimana caranya agar dapat melakukan presentasi dengan baik? Harus diakui
banyak diantara manager marketing,
penyiar yang selalu bagus pada saat tampil di depan kamera tetapi pada saat
melakukan presentasi di depan konsumen mereka merasa gagal. Anda semua
mempunyai masalah yang sama yaitu bagaimana Anda dapat melakukan presentasi
dengan baik. Adapun beberapa faktor yang dapat mempengaruhi presentasi dengan
baik sebagai berikut:
1. Jangan membiasakan diri tergantung
pada teks karena teks dapat membunuh bakat merusak flow dan menciptakan jarak.
Gunakan pointers sekedar membantu
Anda
2. Ukur secara sunguh-sunguh dalamnya
sungai pelajari dulu siapa konsumen Anda, latar belakangnya, jalan pikirannya,
pendidikannya, dan pekerjaannya
3. Jangan bicarakan yang tidak ingin
konsumen dengar
4. Jangan biarkan konsumen jenuh, jaga
nada dan volume suara agar tidak monoton. Begitu mereka mulai jenuh ajak lah
berdialog dan lontarkan sedikit humor
5. Humor tidak boleh berlebihan
6. Periksa ruangan dan fasilitas
presentasi
7. Perhatikan bahasa tubuh dengan
memperhatikan gerakan tubuh agar tidak merusak penampilan
8. Berpakaianlah yang terlihat cerah
dan segar
9. Jangan berbicara seperti ngobrol
dengan seseorang karena Anda sedang melakukan presentasi dihadapan konsumen
Waktu yang akan dilaksanakan untuk
melakukan promosi langsung dengan cara presentasi di kantor instansi
pemerintah, dapat dilihat dalam rincian susunan acara presentasi.
|
|
|
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Batik merupakan ciri khas Indonesia yang
telah dikenal luas baik di dalam ataupun luar negeri. Penggalakan pemakaian
batik sebagai pakaian dinas dan pakaian siswa sekolah sejak dulu juga marak
dilakukan. Bukti kongkrit kepedulian pemerintah terhadap batik adalah adanya
rencana kebijakan mengenai pemakaian baju batik wajib setiap tanggal 1 dan 2
pada setiap bulannya. Pakaian resmi untuk hajatan juga tidak ketinggalan dengan
pakaian batik karena batik masih dianggap relevan dikenakan pada acara-acara
formal. Hal tersebut menunjukkan begitu melekatnya batik dalam kehidupan
sehari-hari.
Banyaknya produksi pakaian batik,
tentu saja kan menghasilkan banyak limbah produksi yang berupa kain perca
batik. Kain perca tersebut ternyata masih menyimpan potensi ekonomi yang cukup
tinggi. Oleh karena itu diperlukan inovasi produk yang mempunyai nilai tambah
yang lebih tinggi. Inovasi produk yang kami desain adalah tas yang berasal dari
kain batik. Karena tas ini sangat simpel dibawa ke mana-mana dan banyak sekali
manfaatnya bagi manusia. Sehingga tas batik cantik ini juga saya anggap sebagai
peluang bisnis penyusun.
Untuk
saat ini perusahaan Archipelago batik masih
menghasilkan baju dan tas batik. Namun untuk kedepannya penyusun berniat untuk
menambah lebih banyak membuat produk dengan aneka ragam barang dengan
bertemakan batik.
Desain baju batik penyusun dapat
dikombinasikan dengan bahan lain atau dapat disesuaikan dengan pesanan
pelanggan dan didesain yang menarik sehingga dapat menjangkau kalangan
anak-anak, remaja dan orang tua (selain kalangan instansi pemerintah dan
instansi pendidikan). Tas batik cantik dibuat dari kain perca sehingga dapat
mengoptimalkan bahan sisa-sisa pembuatan baju batik. Bentuk dan perpaduan
warnanya unik dan menarik serta masih sangat jarang di pasaran serta inovasi
kedalam bentuk baju modern mengikuti tren
model modern.
Untuk saat ini pemasaran perusahaan Archipelago batik lebih mengarah ke
promosi langsung ke instansi pemerintah dan instansi pendidikan. Selain itu
pemasaran perusahaan Archipelago
batik tidak lupa melalui WEB, media sosial, media cetak, spanduk di tiap-tiap
daerah, bazar busana, fashion show,
dan online shop.
3.2 Saran
Penyusunan
makalah ini memerlukan perbaikan dan kritik serta saran yang sifatnya membangun.
Sehingga penyusunan makalah di masa mendatang akan lebih baik lagi. Untuk itu
penyusun mohon saran dalam melengkapi makalah ini.
Dan
diharapkan dengan disusunnya makalah ini dapat menjadi panduan untuk membuat
proposal usaha serta dapat menambah lapangan kerja baru yang bisa mengurangi
pengangguran yang ada di Indonesia.
|
|
|
|
|
|
|
DAFTAR
PUSTAKA
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar