Kamis, 15 Januari 2015

SIKLUS KEHIDUPAN PRODAK



Berikut ini 5 tahapan dari siklus kehidupan suatu produk :

1. Tahap Pengembangan dan penelitian
“Merupakan tahap ketika suatu produk masih dalam pengembangan dan penelitian rancangan serta atribut produk sebelum dilempar ke pasaran”.

2. Tahap Perkenalan
“Ialah tahap promosi besar-besaran, dimana produk pertama kali dilempar ke pasaran, dalam tahap ini dibutuhkan usaha pemasaran yang hebat agar konsumen dapat menerima produk tersebut, dengan catatan perusahaan belum memperoleh keuntungan dalam tahap ini”.

3. Tahap Pertumbuhan pasar
“Tahap dimana promosi bukan lagi untuk memperkenalkan produk, melainkan untuk mempertahankan masa pertumbuhan yang tengah meningkat. Dalam tahap ini, muncul beberapa pesaing yang siap menggeser pertahanan suatu produk. Oleh karena itu dibutuhkan kemampuan perusahaan untuk terus memberikan kepuasan pada konsumen”.

4. Tahap Kematangan Pasar
“Tahap dimana pesaing telah benar-benar masuk ke arena pasar, sehingga konsumen sudah banyak yang berpindah ke produk pesaing. Harga merupakan peran penting dalam tahap ini, untuk memenangkan persaingan, karena setiap pesaing menggunakan strategi penurunan harga untuk menarik konsumen”.

5. Tahap Kemunduran
“ Tahap akhir dari kehidupan produk, telah muncul produk baru yang menggantikan produk lama tersebut. Perusahaan masih tetap mencoba mempertahankan produk lamanya karena masih ada beberapa konsumen yang loyal terhadap produk tersebut”.

Sumber : https://septian99.wordpress.com/2009/10/28/siklus-kehidupan-produk/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar