Minggu, 01 November 2015

KONSEP PEMASARAN USAHA KECIL BAGI SEORANG WIRAUSAHAWAN



wirausahawan yang sudah mulai mengenal bahwa pemasaran merupakan faktor penting untuk mencapai sukses bagi usaha, akan mengetahui adanya cara dan falsafah baru yang terlibat didalamnya. Cara dan falsafah baru ini disebut konsep pemasaran (marketing consep). Menurut Swastha (1979:17) “Konsep pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan”. Sedangkan definisi lain menyatakan bahwa   konsep pemasaran adalah menjadi lebih efektif daripada para pesaing dalam memadukan kegiatan pemasaran guna menetapkan dan memuaskan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran (Kotler, 1997:17).
Adapun yang berorientasi pada marketing concept percaya bahwa sangatlah penting mengetahui akan kebutuhan (needs) dan keinginan (wants) pasar sehingga mampu memberikan kepuasan yang diinginkan secara lebih baik daripada pesaing. Fokusnya adalah menemukan produk yang tepat bagi pelanggan, bukan memburu pelanggan yang tepat untuk membeli produk perusahaan. Konsep pemasaran dimulai dengan pasar yang terdefinisi dengan baik, fokus pada kebutuhan pelanggan, dan mengintegrasikan semua kegiatan pemasaran yang mempengaruhi pelanggan. Hasilnya, pemasaran mencapai keuntungan dengan menciptakan hubungan yang langgeng dengan pelanggan yang tepat, berdasarkan nilai dan kepuasan pelanggan.
Masih menurut Kotler dan Armstrong, praktik dari konsep pemasaran seringkali berarti lebih dari sekadar merespon keinginan dan kebutuhan pelanggan. Trenddi masa mendatang adalah pemasaran yang menggerakkan pelanggan (marketing that drives customers), yang mana perusahaan melakukan riset mendalam untuk mempelajari kebutuhan pelanggan, keinginan, permintaan, hasrat, impian, harapan, situasi dan bahkan problema pelanggan, kemudian mengumpulkan berbagai gagasan produk/jasa baru, merencanakan dan mengujinya sebelum produk itu didistribusikan ke pasar. Pada tahap lebih lanjut, pemasaran yang menggerakkan pelanggan berupaya memahami kebutuhan pelanggan jauh lebih baik daripada pelanggan memahami diri mereka sendiri, sehingga tercipta produk yang bukan hanya dibutuhkan saat ini, melainkan juga dibutuhkan pada masa mendatang. Gambar di bawah ini merupakan perbedaan orientasi manajemen pemasaran antara yang bertumpu pada  konsep penjualan dengan yang bertumpu pada konsep pemasaran. Philip Kotler and Gary Armstrong dalam “Principles of Marketing”.




Di bawah beberapa strategi pemasaran usaha kecil :
§  Perkuat Nama Brand Usaha
Strategi pemasaran usaha yang pertama bukanlah seberapa besar untung yang bisa kita raih ataupun seberapa banyak laba yang bisa kita rengkuh dalam waktu dekat, namun seberapa besar brand dan kekuatan produk yang sedang kita jalankan sehingga berpotensi menghasilkan penghasilan dalam jangka waktu yang panjang.

§  Pelajari banyaknya kompetitor anda

Tidak ada hal yang lebih sulit dan mudah selain kita mendalami dan mengetahui lebih dalam mengenai kompetitor yang menjadi saingan kita. Mengetahui dalam artian mengatahui baik kelebihan dan kelemahan kompetitor tersebut, jika kita mengetahui mengenai kelebihan kompetitor maka tirulah, dan jika kita mengetahui kelemahan kompetitor jauhi dan hindarilah.

§  Aktif dalam berpromosi

Promosi berkaitan erat dengan penguatan brand dan peningkatan nilai di mata konsumen. Semakin efektif nilai promosi dan pemasaran yang kita jalani dan aplikasikan maka semakin besar pula peluang keuntungan yang akan didapatkan.

§  Pelajari kebiasaan konsumen

Untuk memberikan layanan terbaik maka kita perlu untuk mengetahui layanan serta kebiasaan konsumen dalam membeli produk kita. Dengan mempelajari kebiasaan konsumen terhdap belanja dan menyerap hasil transaksi kita maka secara tidk langsung kita bisa merangkul konsumen lebih erat lagi agar lebih loyal dan nyaman dalam bermitra dengan kita sehingga berpotensi menghasilkan keuntungan yang lebih banyak lagi dalam jangka waktu yang lebih lama.
§  Customer Relationship Management
Pengelolaan hubungan dengan pelanggan yang tepat menjadi salah satu hal penting untuk menciptakan konsumen yang loyal dan konsisten. Misalnya saja dengan membuat kartu membership, dan memberikan potongan harga tertentu bagi para member.
SUMBER :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar